Jumat, 01 Januari 2016

Hidup adalah Sebuah Pilihan

Lulus SMA lanjut kemana ? ambil kuliah dimana ? jurusan apa ? mungkin itu merupakan beberapa pertanyaan yang sering anda terima dari orang-orang sekitar anda setelah lulus SMA. Dulu mungkin orang-orang hanya tahu sehabis lulus SMA harus melanjutkan kuliah atau bekerja atau menikah hmmm… (pilihan terkahir jangan diambil menurut saya) okay, lupakan pilihan terakhir, sekarang saya akan fokus membicarakan tentang kuliah atau bekerja.

Kuliah menurut saya merupakan suatu pilihan dimana kita memilih untuk memperkaya ilmu pengetahuan kita. Selain ilmu pengetahuan banyak hal yang bisa kita dapatkan misalnya belajar berorganisasi, belajar bersikap yang baik sesuai aturan, dsb. “Kuliah hanya untuk orang yang punya duit “ saya kurang setuju dengan pendapat tersebut karena banyak cara yang bisa kita lakukan untuk masuk ke perkuliahan misalnya dengan jalur beasiswa. Beasiswa selalu diidentikan dengan orang yang gak punya uang namun hal itu sebenarnya salah, memang benar tujuan beasiswa untuk memperingan biaya administrasi tapi, belum tentu karena sulit ekonomi bisa lansung diterima di jalur beasiswa, orang tersebut harus juga pintar. Oleh sebab itu jangan terlalu meremehkan jalur beasiswa. Kadang kita juga memutuskan untuk tidak kuliah karena tidak tahu jurusan mana yang harus diambil. Sebaiknya sejak awal masuk SMA sudah mulai mencari tahu tentang dunia perkuliahan dan berkonsultasi dengan guru BP , sekolah, dan yang pasti orangtua. Kemudia pastikan orangtua setuju dengan apa yang anda ambil di perkuliahan, jangan ada pemaksaan atau perasaaan tidak ikhlas karena akan banyak berakibat fatal saat menjalaninya.
Sekarang masuk ke pilihan kedua yakni bekerja. Orang akan banyak memilih bekerja karena tergiur oleh uang menurut saya. Mereka yang lebih memilih bekerja memiliki dua kemungkinan menurut saya pertama pasti ingin cepat memegang uang sendiri tanpa minta lagi ke orangtua dan kedua ingin membantu perekonomian keluarga. Memang beda rasanya memegang uang hasil jerih payah sendiri dan akan timbul rasa bangga. Selain bekerja dengan orang lain, zaman sekarang banyak anak muda yang mulai berbisnis dengan memunculkan inovasi-inovasi baru. Hal ini yang sekarang sangat menggiurkan ketimbang harus mengeluarkan uang untuk kuliah dan belajar sekitar 3,5 – 4 tahun
Kuliah atau bekerja merupakan dua hal yang tidak bisa kita hindari saat memustuskan hidup kita selanjutnya setelah lulus SMA. Memilih untuk melanjutkan kuliah berarti mengganggap pendidikan itu lebih penting dan optimis setelah lulus kuliah mendapat pekerjaan yang lebih baik, namun saya juga tidak berpikir negatif bagi orang-orang yang lebih memilih bekerja karena pasti banyak faktor yang menyebabkan mereka memilih bekerja. Memang keduanya punya sisi postif dan negatif jadi semua kembali lagi ke individu masing-masing. Orang yang lulus kuliah belum tentu kerja sesuai jurusan yang diambilnya dan orang yang sudah bekerja atau berbisnis juga belum tentu tidak bisa melnjutkan pendidikan karena dengan uang yang mereka dapat, mereka bisa mebiayai perkuliahannya.
Jadi kesimpulannya adalah bagi kalian yang sudah mau lulus SMA pikirkan baik-baik jalan menuju masa depan yang akan kalian raih, jangan sampai sebuah penyesalan yang didapatkan.

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Enterprise Project Management