Rabu, 15 Oktober 2014

Tugas Teori Organisasi Umum Minggu II

Kasus : Perusahaan Tri Energi


Perusahaan Tri Energi  sebuah perusahaan minyak mempunyai persediaan sekitar 5000 karyawan sebagai hasil kegiatan perbaikan selama periode kekurangan tenaga kerja. Perusahaan telah mengantisipasi bahwa masa tenaga kerja akan menjadi semakin ketat. Oleh karena itu, perusahaan memutuskan untuk mempersiapkan diri dengan penarikan kelompok pekerja agar kebutuhan yang diantisipasi dapat terpenuhi. Setelah memperkerjakan para karyawan ekstra, perusahaan pada dekade selanjutnya secara terus menerus atau kontinu mengotomatisasikan fasilitas - fasilitas produksinya selama periode tersebut meskipun kapasitas produksi berlipat ganda, perusahaan sebagai akibat otomatisasi membutuhkan jauh lebih sedikit karyawan. Untuk mengoperasikan fasilitas - fasilitas, jadi keadaan menjadi berbalik dari antisipasi perusahaan yaitu bahwa 5000 karyawan yang telah terlanjur ditarik, tak pernah seluruhnya dibutuhkan. Perusahaan melanjutkan untuk memperkerjakan 5000 karyawan itu. Dan ini membuat masyarakat berpendapat bahwa sekali diterima bekerja, seorang karyawan yang melaksanakan pekerjaannya secara memuaskan dapat mengharapkan untuk tetap mempertahankan pekerjaannya. Bagaimanapun juga, Tri Energi kemudian mengalami masalah rendahnya harga dipasaran. Laba yang diperoleh turun sampai tingkat yang kurang memuaskan. Dirut Joni Bolang mempertimbangkan pemberhentian 5000 karyawan yang tak pernah diperlukan. Tak satupun memenuhi syarat atau perlu dipertahankan sampai pensiun. Dia sadar bahwa banyak posisi manajernya juga dapat dihilangkan karena secara potensial angkatan kerja akan lebih kecil.

Pertanyaan Kasus :

  1. Apa ciri - ciri birokrasi yang telah terlibat pada situasi tersebut ?
  2. Apakah Joni Bolang harus memberhentikan 5000 karyawan perusahaan ? Mengapa ? Apa masalah - masalah dan kebaikan - kebaikan tindakan tersebut menurut perkiraan saudara bila dia melakukannya ?
  3. Bagaimana cara situasi ini dapat dihindarkan atau dicegah ?
Jawabannya :


  1. Menurut pendapat saya, ciri - ciri birokrasi yang telah terlibat dalam situasi tersebut adalah pembagian kerja. Mengapa saya mengatakan demikian ? Karena menurut saya setelah perusahaan melakukan otomatisasi fasilitas - fasilitas perusahaan, para tenaga kerja menjadi bingung pada pekerjaannya karena pekerjaan yang biasa mereka lakukan sudah menggunakan teknologi dan pada akhirnya ini juga menjadi masalah tersendiri bagi perusahaan tersebut. 
  2. Menurut pendapat saya jika dilihat dari keadaan beliau selaku dirut dan bisa dibilang salah satu posisi yang berpengaruh tehadap kemajuan suatu perusahaan, memberhentikan 5000 karyawan dengan melihat pertimbangan laba rugi yang di peroleh perusahaan semenjak mengotomatisasikan fasilitas - fasilitas perusahaan adalah salah satu keputusan atau bisa dibilang jalan keluar yang cukup baik untuk menolong agar perusahaan tersebut tidak terus merugi dan bahkan bisa membuat sebuah kemungkinan yang nantinya perusahaan akan memperoleh keuntungan berlipat ganda, mengapa demikian ? karena jika memberhentikan 5000 karyawan yang sudah benar - benar tidak diperlukan lagi, otomatis anggaran pengeluaran perusahaan untuk membayar gaji serta tunjangan untuk 5000 karyawan tersebut menjadi utuh atau bisa dibilang tidak perlu dianggarkan lagi dan bisa dipakai untuk keperluan lain yang tujuannya untuk menolong perusahaan tersebut untuk memperoleh kembali laba perusahaan ke tingkat yang sangat memuaskan.
  3. Jika situasi ini ingin di cegah atau dihindari, seharusnya perusahaan tidak langsung memutuskan untuk merekrut 5000 karyawan tambahan secara langsung, karena jika dilihat dari kasus diatas seharusnya jika masalahnya perusahaan tersebut takut akan masa kerja menjadi semakin ketat, kenapa tidak dari awal sebelum rencana perekrutan karyawan yang begitu banyak, perusahaan berpikir secara luas dengan memanfaatkan teknologi, dengan begitu, perusahaan bisa menekan penggunaan SDM yang dirasa kurang efektif dan menguntungkan perusahaan. 

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Enterprise Project Management