Sabtu, 02 Januari 2016

Pasar Tradisional atau Minimarket ?

Pada postingan saya kali ini, saya akan membahas mengenai pasar tradisional dengan minimarket. Alasan saya mengangkat topik pembicaraan mengenai pasar tradisional atau minimarket adalah karena saya banyak melihat sekarang ini minimarket minimarket yang sudah mulai bersaing secara ketat dalam menjaring konsumen yang ingin berbelanja.
Oke, pertama saya akan membahas secara singkat tentang apa itu pasar tradisional. Pengertian pasar tradisional menurut saya pribadi adalah sebuah tempat berkumpul bagi para pedagang yang ingin menjajakan produknya secara langsung kepada para pembeli. Biasanya yang dijual di pasar tradisional adalah produk yang jarang kita temui di mall atau di minimarket seperti contohnya makanan tradisional, daging ayam yang masih hidup, dan masih banyak lagi. Lalu yang kedua saya akan menjelaskan apa itu minimarket menurut versi saya pribadi. Menurut saya, minimarket adalah sebuah tempat yang dibuat untuk menjajakan produk produk yang biasanya sangat diperlukan dalam kehidupan sehari hari saja namun minimarket dibuat sedemikian rupa menjadi sangat nyaman agar pembeli dapat berbelanja dengan leluasa dan senang.
Penyebab sudah banyak berkembang minimarket minimarket adalah karena tingkah laku konsumen yang lebih memilih untuk berbelanja di tempat yang lebih nyaman dan lebih aman. Kemudian barang yang dicari akan lebih mudah didapatkan jika dibandingkan dengan pasar tradisional yang harus mencari cari para pedagang yang menjual barang yang akan dibeli. Pada akhirnya dengan melihat peluang yang sangat menjanjikan, kemudian para pengusaha terus melebarkan sayapnya dalam mengembangkan minimarket minimarket agar dapat menjangkau ke pelosok pelosok daerah.
Jika sudah demikian, akibat yang di timbulkan dari peristiwa diatas adalah banyaknya para pedagang menengah ke bawah yang gulung tikar akibat tidak dapat bersaing dengan para pengusaha yang mengelola minimarket minimarket tersebut.
Dari peristiwa diatas, saya ingin berpendapat bahwa, seharusnya pemerintah dapat lebih berperan aktif dalam membangun sebuah pasar tradisional tetapi dengan konsep yang dibawa oleh minimarket minimarket, seperti contohnya adalah kebersihan, pengaturan letak para pedagang agar pembeli dapat lebih mudah dalam mencari sesuatu dan keamanan. Jika pemerintah telah mengubah konsep sebuah pasar tradisional yang seperti itu, otomatis akan banyak pembeli yang ingin kembali berbelanja di pasar tradisional dan akan memperkecil para pedagang menegah kebawah untuk gulung tikar. Justru menurut saya perubahan pasar tradisional tersebut akan menjadi sebuah ancaman yang sangat serius yang harus ditangani dengan baik oleh para pengusaha minimarket mengingat pasar tradisional identik dengan harga yang lebih murah dan terjangkau.
Tentu saja semuanya itu tidak terlepas dari para pembeli itu sendiri, karena setiap pembeli mempunyai karakter yang berbeda beda dalam menentukan sesuatu. 


Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Enterprise Project Management