Sabtu, 02 Januari 2016

Tips Sederhana Pola Hidup Sehat

Sebagai manusia pastilah kita menginginkan tubuh yang sehat karena jika kita memiliki tubuh yang sehat, bukan tidak mungkin setiap aktivitas yang kita lakukan dapat dijalani dengan baik dan sesuai dengan harapan juga tentunya. Namun kebanyakan dari kita masih bingung dan bertanya tanya, bagaimana ya caranya untuk mendapatkan tubuh yang sehat dan terhindar dari berbagai penyakit. Kita sering berpikir bahwa jika kita ingin mewujudkan hal tersebut sungguh sangat sulit dan bisa jadi membutuhkan banyak uang, seperti harus dengan melakukan pola makan yang betul betul terkontrol oleh ahli gizi, banyak mengkonsumsi suplemen, memiliki alat kesehatan sendiri, sering melakukan general check up, dan lain sebagainya. Sebetulnya menurut saya pribadi, kita tidak perlu berpikir hingga seperti itu untuk mewujudkan hal tersebut. Saya memiliki cara tersendiri untuk menyikapi masalah pola hidup sehat. Berikut saya akan membagikan tipsnya :

1. Buat Jadwal Olahraga dan atur waktunya

Kenapa saya harus bilang untuk membuat jadwal olahraga serta mengatur waktunya ? Karena sebagian dari kita kebanyakan melakukan olahraga secara tidak teratur dan berlebihan. Kita beranggapan jika sudah melakukan olahraga dan dalam jangka waktu yang cukup lama, tubuh pasti akan menjadi sehat. Padahal menurut info yang saya tau dari beberapa personal trainer, hal tersebut sebenarnya sangat salah dan justru dapat merusak tubuh kita sendiri. Hal yang benar yang seharusnya dilakukan adalah mengatur jadwal olahraga kita, seandainya kita hanya memiliki waktu senggang di hari jumat dan minggu, ya buat jadwalnya di hari tersebut dan jalani jadwal tersebut dengan disiplin.  Untuk masalah waktunya, kita tidak perlu melakukan olahraga terlalu lama, karena olahraga yang terlalu lama seperti memaksakan tubuh untuk bekerja lebih ekstra. Nantinya malah akan timbul akibat seperti pegal pegal atau trauma pada tubuh sehingga tidak ingin melakukan olahraga kembali. Olahraga yang dilakukan tidak perlu terlalu berat jika niatnya hanya untuk tubuh selalu prima. Cukup melakukan pemanasan standar lalu lakukan jalan cepat selama 30 menit atau bisa juga melakukan jogging di pagi hari dibawah jam 9 agar kita dapat merasakan manfaat sinar matahari pagi yang sangat baik bagi tubuh. Namun jika anda merasa jalan cepat kurang memberikan efek, lakukan olahraga yang sesuai dengan kepribadian dan keinginan anda tetapi tidak berat kecuali jika anda sudah sering melakukan aktivitas olahraga karena setiap orang berbeda beda. 

 2. Jangan Melakukan Aktivitas Secara Berlebihan

Maksudnya adalah kebanyakan orang jika sudah senang dengan suatu pekerjaan atau jika sudah punya target atau jika dikejar deadline, mereka enggan untuk menghentikan aktivitas mereka sehingga pada akhirnya mereka lupa bahwa tubuh mereka butuh istirahat. Mereka tidak dapat memaksakan tubuh mereka untuk bekerja secara berlebihan tanpa henti. Menurut beberapa sumber yang saya baca,  Manusia hanya dapat melakukan aktivitas maksimal selama 10 jam, lebih daripada 10 jam biasanya hasil yang didapatkan tidak akan maksimal dan yang lebih parahnya jika sering melakukan hal tersebut secara berulang ulang dapat menggangu keseimbangan tubuh anda lalu pada akhirnya berbagai penyakit pun akan timbul.

3. Patuhi Waktu Istirahat

Waktu istirahat yang sangat baik yang dianjurkan oleh dokter adalah tidur pada jam 9 malam dan bangun pada jam 6 pagi. Manusia membutuhkan waktu istirahat yang cukup agar pada esok harinya dapat melakukan aktivitas secara maksimal. Jika manusia sering tidur hingga larut malam lalu bangun pada pagi hari, tidak menutup kemungkinan pada jangka panjang akan mengidap penyakit liver atau masalah pada hati. Hal tesebut tentu sangat berbahaya dan berakibat fatal bagi keseimbangan tubuh.

4. Seimbangkan Makanan dengan Buah & Sayur

Buah dan sayur sayuran merupakan makanan yang sangat baik manfaatnya bagi kesehatan tubuh. Zat zat yang terkandung dalam buah dan sayur dapat memenuhi kebutuhan pada tubuh manusia, Oleh karena itu mengkonsumsi buah dan sayur setiap hari sangat baik. Info tambahan, konsumsi buah sebaiknya 2 jam sebelum makan atau sesudah makan jangan dilakukan pada saat setelah selesai makan, karena menurut dokter jika memakan buah setelah makan justru dapat menjadi racun dalam tubuh.

5. Hindari Hal hal yang Dapat Merusak Tubuh

Hal hal yang dapat merusak tubuh seperti tidak merokok, tidak meminum minuman beralkohol, tidak mengkonsumsi junk food, makanan serta minuman yang memiliki manis berlebih. Hal yang saya sebutkan sebelumnya merupakan menurut pemikiran saya pribadi, jika menurut anda masih ada beberapa hal yang perlu di hindari, silahkan anda jalani dan hindari.

Itulah beberapa tips versi saya tentang pola hidup sehat yang dapat saya sampaikan kepada para pembaca sekalian, semoga tips tersebut dapat berguna juga untuk kesehatan tubuh anda.

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Enterprise Project Management