Rabu, 07 Oktober 2015

Windows 8 & Windows 10



Kelebihan Windows 8
1.     Tampilan Windows 8 lebih dinamis.
Seperti tablet dan smartphone, komputer yang menggunakan sistem operasi windows 8 juga dilengkapi dengan fitur notifikasi dan juga informasi saat ini, mengenai akun di Internet.

2.     Windows 8 mempunyai tampilan yang segar untuk dipandang.
Windows 8 mempunyai desain menu yang tersusun rapi dengan desain metro. Untuk mengakses jejaring sosial dapat langsung dilakukan di awal layar.
  
3.     Proses booting yang cepat.
Booting di windows 8 lebih cepat dari windows sebelumnya. Untuk booting windows 8 hanya memerlukan waktu 8 detik.

4.     Windows 8 lebih aman.
Pada saat booting di windows 8 dilengkapi dengan secure boot. Secure boot itu bekerja dengan BIOS berbasis UEFI. Ketika booting Secure boot itu berfungsi untuk melindungi PC dari malware.
  
5.     Sistem pencarian data Windows 8 lebih universal.
Jika anda mencari data di windows 8, data lebih mudah ditemukan. Untuk mencarinya hanya tinggal mengetik nama data ditampilkan diawal maka langsung muncul pilihan-pilihan data terkait.

6.     Ketersediaan dan Kemudahan Aplikasi Pendukung.
Untuk mendapatkan aplikasi pendukung di windows 8 ada banyak pilihan dan kemudahan yang disediakan.

7.     Windows 8 Cocok untuk Semua Software.
Semua software yang dapat dijalankan di windows 7, juga dapat di jalankan di windows 8 sehingga pengguna tidak perlu upgrade PC. Menurut Microsoft, RAM 1 GB dan Processor Intel Atom sudah cukup untuk menjalankan Windows 8.

8.     Windows 8 lebih dioptimalisasi untuk layar sentuh.
Pada windows sebelumnya yaitu windows 7 memang sudah support untuk layar sentuh, namun desain dan kemudahan pengoperasian tidak dioptimalkan. Lain halnya dengan windows 8, yang desainnya sudah dioptimalkan untuk layar sentuh jika kita menggunakan di komputer PC kita akan merasa seperti menggunakan Windows Phone.

9.     Spesifikasi hardware yang rendah  dan dapat dijalankan di tablet.
Sistem Operasi Windows 8 mendukung perangkat yang menggunakan infrastruktur chip ARM. Saat ini tablet yang beredar kebanyakan memakai chip ARM, sehingga dapat memprluas jangkauan windows 8 di area tablet.

10. Tersedianya Windows Store.
Windows Store adalah toko aplikasi windows 8. Di windows store tersedia berbagai macam aplikasi yang telah dioptimalkan untuk Windows 8.

11. Mendukung Near Field Communications (NFC ).
NFC adalah sebuah teknologi yang digunakan untuk transaksi keuangan digital. Fitur ini kemungkinan besar juga disertakan pada tablet yang memakai Windows 8

12. Browser Internet Explorer 10.
Di windows 8, tersedia browser Internet Explorer 10 yang lebih baik dan membawa perubahan besar dari versi Internet Explorer yang dulu. Browser Internet Explorer 10 ini sangat ramah digunakan baik digunakan di PC maupun di Tablet.


Kekurangan Windows 8
1.     Tidak terdapat tombol Start dan Close X.
Ditampilan muka windows 8 tidak ditemukan tombol start dan Close X. Inilah yang membingungkan para pengguna untuk mengawali pekerjaan dan menutup pekerjaan. Walaupun ada sistem pencarian data, namun keberadaan tombol start merupakan hal yang perlu dan penting agar pengguna lebih mudah untuk mengoperasikan suatu sistem operasi.
Jika ingin menutup sebuah aplikasi di windows 8, anda harus mengarahkan panah mouse ke atas aplikasi. Jika sudah muncul tombol tangan, anda  harus mendrag dan program baru akan tertutup.

2.     Terdapat banyak aplikasi atau file yang tersembunyi.
Mungkin hal inilah yang membuat para pengguna windows 8 bingung, sebab ketika beroperasi hanya terdapat dua data/ aplikasi yang dapat terbuka secara bersamaan. Untuk data yang lainnya tersembunyi. Dan untuk membukanya anda harus menggunakan fitur pencarian universal.

3.     Banyaknya aplikasi bawaan.
Terlalu banyak aplikasi akan mengganggu tampilan Start Screen, membuatnya tampak semrawut karena Devoloper tidak bisa mengganti Tiles pada Start Screen dengan Icons.

4.     Sulit berpindah aplikasi.
Mungkin kamu akan menganggap sepele hal mendrag Aplikasi namun jika menggunakan Aplikasi dengan jumlah yang banyak akan sangat mengganggu.

5.     Metro yang menjadi pusat perhatian banyak orang menjadi masalah.
Jika install Windows 8 pada PC maka kamu akan merasa aneh, karena fitur touch screen yang ada ditablet akan muncul Di PC.

6.     Konten Flash pada Windows 8 tidak bisa berjalan pada Tablet.
Mungkin Microsoft akan menjaga rahasia Source Code agar tidak dapat dibongkar.


  
Kelebihan Windows 10
1.     Teknologi pratinjau pada start menu.
Bila pendahulunya masalah start menu menjadi kekurangan pada windows 8, maka kini microsoft tidak mau lagi kecolongan, dengan menyematkan start menu dengan menampilkan pratinjau yang lebih canggih dan tentu akan membantu pengguna windows 10 nantinya.

2.     Tambahan aplikasi command
Aplikasi tersebut ditampilkan dalam format yang sama dengan aplikasi desktop, selain itu tampilan yang dinamis dengan kemampuan untuk diubah ukurannya dan dapat bergerak.

3.     Kemampuan untuk menampilkan beberapa aplikasi dalam 1 layar ( Snap Enchanchement).
Kelebihan lain Windows 10 yaitu, anda dapat melihat beberapa aplikasi yang berjalan dalam satu layar dalam bentuk yang lebih ringkas. Kelebihan ini dapat memudahkan anda dalam memantau dan melihat aplikasi yang berjalan pada saat menjalankan beberapa aplikasi pada windows 10.
 
4.     Penambahan teknologi Virtual Desktop.
Untuk hal yang satu ini, microsoft boleh dikatakan memberikan rasa baru dalam produknya. Kemampuan untuk membuat beberapa desktop untuk tujuan ataupun tema yang berbeda, sekaligus kemudahan untuk berpindah desktop dengan lebih mudah dan cepat. Selain itu kemudahan yang akan anda dapatkan dengan menggunakan 10 nantinya adalah dapat dengan cepat dalam melakukan pencarian file.

5.     Satu OS untuk semua perangkat
Pengguna bisa menginstall windows 10 tidak hanya di PC maupun notebook, tetapi juga di tablet PC dan smartphone.

Kekurangan Windows 10

1.     Ditunjukkan untuk PC Expert dan Enthusiast.
Windows technical preview sebenarnya dibuat untuk para expert dan enthusiast yang sudah familiar dengan berbagai troubleshooting windows. Hal ini karena windows 10 preview bukan software final yang siap dipakai, jadi mungkin masih bug di sana sini.

2.     Tidak untuk keperluan sehari hari.
Windows Technical preview ini bukanlah OS final yang sudah matang dan siap digunakan untuk kegiatan sehari hari. Versi preview ini digunakan untuk keperluan testing dan feedback.

3.     Belum final secara desain, fitur dan performa.
Windows technical preview masih dalam proses pengerjaan. Jadi bisa dibilang ini masih scracth dari segala planning yang ingin ditanamkan microsoft di windows 10 final.

4.     Masih ada banyak fitur dan perubahan.
Tampilan dan fitur pada windows 10 Technical Preview bisa jadi tidak akan sama dengan tampilan windows 10 final. Masih ada banyak beberapa fiur baru yang ditambahkan dan diperbaiki, serta tampilan yang dipercantik sebelum windows 10 final dirilis pada pertengahan tahun depan.

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Enterprise Project Management