Rabu, 07 Oktober 2015

Tanggapan Tentang Kabut Asap



Beberapa minggu belakangan ini rakyat Indonesia telah diresahkan dengan masalah kabut asap yang melanda wilayah di pulau Sumatra yang diakibatkan oleh orang - orang yang tidak bertanggung jawab dalam membuka lahan perkebunan dengan membakar lahan gambut yang ada di hutan – hutan daerah Sumatra. Menurut saya, dalam konteks permasalahan ini, saya menyalahkan oknum - oknum yang seenaknya membakar lahan gambut tanpa kontrol penuh dan rasa bertanggung jawab sehingga pembakaran tersebut meluas dan menjadi besar. Lalu saya menyayangkan sikap pemerintah yang saya nilai begitu lamban dan terkesan menyepelekan masalah tersebut sehingga pada akhirnya masalah tersebut menjadi besar dan berdampak pada penduduk di sekitar wilayah sumatra dan negara – negara tetangga. Seandainya  pemerintah bisa lebih cepat lagi dan konsen dalam hal merespon masalah pembakaran hutan tersebut, saya kira seharusnya masalah tersebut tidak menjadi berlarut – larut dan membawa dampak terlalu besar. Saya yakin Pemerintah RI sangat mampu dalam hal mengatasi masalah yang seperti ini jika ditangani sedini mungkin. Dampaknya yang timbul dimulai dari banyak warga yang terserang penyakit ISPA, banyak penerbangan yang harus ditunda dari dan ke Sumatra, sekolah – sekolah diliburkan, bahkan mendapat teguran dari negara – negara tetangga akibat kabut asap yang sudah sangat mengganggu. Saya berharap kedepannya jika permasalahan ini sudah terselesaikan, Pemerintah RI bisa lebih tegas dan memberikan efek jera dalam bertindak memberantas oknum - oknum yang sengaja melakukan pembakaran hutan tanpa pandang bulu dan menegakkan hukum yang berlaku agar tidak akan ada lagi pembakaran hutan yang dapat merugikan banyak orang. Mungkin itu saja yang dapat saya utarakan mengenai permasalahan ini, kurang lebihnya mohon maaf, terima kasih.

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Enterprise Project Management