Senin, 26 Oktober 2015

Manfaat Beras Merah Bagi Kesehatan Tubuh

Beras merah untuk sekarang ini merupakan makanan pokok pengganti nasi bagi para pengidap diabetes, namun tahukah anda bahwa, kandungan kandungan yang terdapat di dalam beras merah ternyata membawa pengaruh yang sangat baik bagi tubuh manusia meskipun manusia tersebut tidak mengidap penyakit diabetes.

Dibawah ini adalah beberapa ulasan yang akan saya sampaikan tentang manfaat dari beras merah :


1.     Kaya akan serat
Beras merah sudah sangat terkenal yaitu memiliki kandungan serat yang tinggi. Oleh karenanya, sudah banyak yang beralih dari beras putih, ke beras merah. Beras merah juga mengandung karbohidrat kompleks yang baik bagi kesehatan.

2.     Mengatur kadar gula darah
Beras merah dapat mengontrol kadar gula darah di dalam tubuh manusia, mengapa demikian ? Karena beras merah memiliki indeks glikemik yang rendah. Indeks glikemik merupakan angka yang menunjukkan potensi meningkatnya gula darah yang berasal dari karbohidrat. Dengan indeks glikemik yang rendah, beras merah dapat membantu mengatur  kadar gula darah dan juga produksi insulin. 

3.     Dapat lebih cepat kenyang
Sebuah penelitian yang dilakukan di British Journal of Nutrition menemukan bahwa dengan mengkonsumsi karbohidrat yang kompleks, seperti oatmeal, beras merah dan kentang, akan membuat anda lebih cepat kenyang sampai berjam-jam dan makan tidak lebih dari 320 kalori perhari.

4.     Mempercepat proses penyembuhan
Beras merah kaya akan zinc, mineral yang membantu mempercepat penyembuhan luka dan menjaga sistem imun dalam tubuh agar berfungsi dengan baik.

5.     Mengandung Vitamin B6
Vitamin B6 dibutuhkan untuk membantu menjaga keseimbangan pembentukan hormon serotonin, sel darah merah dan membantu produksi sel-sel DNA.


Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Enterprise Project Management