Rabu, 15 Oktober 2014

Tugas Teori Organisasi Umum Minggu II

Kasus : Manajemen Ilmiah Berarti Eksploitasi Dan Dehumanisasi Karyawan ?

Profesor LKH dikenal sebagai ahli ekonomi tenaga kerja dan manajemen sumber daya manusia, membuat pernyataan berikut dalam suatu kelas seminar program S2 : "Saya menolak manajemen ilmiah ( Scientific Manajemen ) sebagai suatu aliran yang dapat terus dipertahankan karena aliran itu mengeksploitasi dan melakukan dehumanisasi ( tidak mempermanusiakan ) para pekerja. Ini menyebabkan hilangnya respek diri mereka dan membuat mereka seperti mesin belaka yang mengikuti order - order manajemen". Profesor LKH menyatakan hal itu dalam tanggapannya terhadap suatu pertanyaan apakah dia setuju untuk terus mengembangkan tulisan - tulisan Taylor.

Pertanyaan Kasus :



  1. Apakah pendapat Profesor LKH dapat dibenarkan ?
  2. Apa elemen - elemen manajemen ilmiah dan perkembangan historik aliran tersebut yang telah menyebabkan Profesor LKH mempunyai pendapat seperti itu ?
  3. Anggap saudara tidak menyetujui pendapat Profesor LKH dan mempunyai kesempatan mendebatnya. Dalam hal - hal apa saudara akan menyanggah pernyataannya ?

Jawabannya :


  1. Menurut pendapat saya, pernyataan Profesor LKH tidak dapat dibenarkan karena saya telah membaca dan mempelajari teori manajemen ilmiah yang ada di internet, disana sudah dijelaskan dan dibuktikan dengan sangat lengkap bahwa jika kita menerapkan teori manejemen ilmiah pada sebuah perusahaan, justru dapat membuat pekerjaan manusia menjadi lebih efisien, lebih produktif dan sama sekali tidak menjadikan manusia sebagai budak serta bisa menambah keuntungan yang berlipat pada perusahaan yang menerapkan teori manajemen ilmiah.
  2. Saya tidak mengetahui dengan pasti kenapa beliau bisa mempunyai pendapat seperti itu dan buat saya pendapat tersebut sah - sah saja selama masih dalam batasan yang wajar karena setiap orang bebas mengemukakan pendapatnya, akan tetapi menurut saya mungkin saja beliau kurang mendalami dan memahami tentang teori manajemen ilmiah yang dipopulerkan oleh Frederick Winslow Taylor, karena disana sudah dijelaskan dan dibuktikan bahwa jika menerapkan teori manajemen ilmiah bisa membawa perubahan yang cukup berarti di dalam perusahaan yang menerapkannya dan fakta dari penerapan teori itupun dijabarkan.
  3. Jika saya mempunyai kesempatan untuk berdebat dengan Profesor LKH, saya akan mendebatkan pernyataan beliau yang berbunyi "Karena aliran itu mengeksploitasi dan melakukan dehumanisasi ( tidak mempermanusiakan ) para pekerja". Atas dasar apa bapak Profesor LKH membuat pernyataan seperti itu ? Sedangkan faktanya yang saya pelajari tentang manajemen ilmiah di internet, justru berbanding terbalik dengan yang bapak katakan. Saya berani berbicara seperti ini karena saya mempunyai bukti yang kuat dan pencipta teori manajemen ilmiah juga sudah membuktikan teorinya dengan menerapkan pada perusahaan. Penerapan teori ini tidak akan menguntungkan salah satu pihak saja tetapi kedua belah pihak yaitu para pekerja dan perusahaan tersebut.

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Enterprise Project Management