Rabu, 15 Oktober 2014

Tugas Teori Organisasi Umum Minggu II

Kasus : Budiono Menerima Tawaran Pekerjaan Baru

Budiono telah menjadi seorang representatif pelayanan langganan bagi perusahaan produk - produk ilmiah CIRO untuk beberapa tahun lamanya. Dalam posisi ini dia bertugas membantu para langganan melalui penjelasan tentang cara penggunaan produk - produk CIRO untuk memecahkan berbagai masalah teknis mereka. Dia juga menerima order - order pembelian dari para langganan, dan memberikan pelayanan purna jual untuk menjamin bahwa kebutuhan langganan terpuaskan oleh produk - produk CIRO. Atasan Budiono adalah saudara Wijoyo, manajer pemasaran perusahaan CIRO. Budiono selalu mempunyai hubungan baik yang menyenangkan dengan saudara Wijoyo, dan pendapatannya cukup tinggi dibandingkan bekerja diperusahaan lain. Baru - baru ini Budiono menerima sebuah surat dari saudara Tajudin. Wakil Presiden Direktur Bidang Penelitian Perusahaan CIRO, menanyakan apakah dia "akan tertarik untuk meluangkan kira - kira setengah waktu kerjanya dalam tim pengkordinasian  tes - tes kooperatif dengan para langganan yang bertugas mengevaluasi efektivitas produk - produk baru CIRO dalam pemenuhan kebutuhan - kebutuhan tertentu mereka". Untuk pekerjaan penelitian terapan ini, Budiono akan melapor kepada Tajudin. Surat tersebut disampaikan tanpa sepengetahuan Wijoyo. Budiono sangat tertarik dengan pekerjaan baru ini, tetapi dia ragu - ragu apakah dia dapat bekerja secara sukses untuk kedua atasannya.

Pertanyaan Kasus :


  1. Apa prinsip - prinsip manajemen yang akan dilanggar bila Budiono menerima tugas atau pekerjaan baru tersebut ?
  2. Bila Budiono menerima penugasan baru, apa macam - macam masalah yang kemungkinan besar akan terjadi ?
  3. Apa rekomendasi - rekomendasi yang akan saudara ajukan untuk memperbaiki susunan organisasi, atau untuk mengurangi masalah - masalah potensial perusahaan ?

Jawabannya :


  1. Prinsip - prinsip manajemen yang dilanggar Budiono jika dia menerima pekerjaan baru tersebut adalah kesatuan komando. Kenapa saya mengatakan beliau melanggar prinsip tersebut ? Saya mengacu pada definisi yang saya cari di internet tentang prinsip - prinsip manajemen dan kesatuan komando didefinisikan setiap pekerja harus mempunyai satu bos tanpa ada komando lain yang bertentangan. Prinsip yang dilanggar ini sangat pas untuk beliau karena komando yang diberikan oleh bapak Tajudin selaku Wakil Presiden Direktur Bidang Penelitian Perusahaan CIRO sudah berbeda dengan atasan bapak Budiono
  2. Jika bapak Budiono menerima penugasan baru itu, macam macam masalah yang kemungkinan besar terjadi adalah beliau bisa kesulitan dalam membagi waktunya karena beliau bekerja pada dua komando yang berbeda. Lalu kemungkinan kedua yang terjadi adalah beliau tidak bisa bekerja secara maksimal lagi, mengapa saya katakan demikian ? karena menurut pengamatan sederhana yang saya amati pada teman teman saya yang beraktivitas pada dua bidang yang berbeda dalam satu hari yaitu bekerja dan kuliah, mereka tidak bisa bekerja secara maksimal lagi dikarenakan mereka telah lelah dan menguras banyak tenaga pada saat menimba ilmu. Meskipun contoh pengamatan yang saya berikan masih tergantung pada masing - masing individu yang menjalaninya, akan tetapi kemungkinan besar mereka tidak dapat bekerja secara maksimal lagi.
  3. Rekomendasi yang akan saya ajukan untuk memperbaiki susunan organisasi adalah membuat ulang susunan organisasi tersebut dengan mengacu pada prinsip - prinsip teori manajemen ilmiah karena saya berpikir jika perusahan membuat susunannya berdasarkan prinsip - prinsip teori manajemen ilmiah, seiring berjalannya waktu perusahaan akan merasakan dampak positifnya dengan menggunakan prinsip - prinsip teori manajemen ilmiah. Selain bisa membuat perusahaan semakin maju, para pekerjanya pun bisa semakin disiplin dan dapat bekerja secara lebih efisien. 

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Enterprise Project Management