Jumat, 08 November 2013

Cara Yang Dapat Dilakukan Agar Kebudayaan Dapat Diminati Masyarakat Indonesia

1.      Keluarga
Keluarga adalah bekal awal sebelum ke dunia luar bagi para anak. Agar mencintai kebudayaan daerah tergantung bagaimana pengenalan orang tuanya. Dengan mengajak ke acara-acara kesenian tradisonal, memperkenalkan tentang kesenian dan mendukung anak apabila ingin mengenal lebih dalam tentang budaya indonesia dengan masuk sanggar seni tradisional. Orang tua harus menanamkan rasa cinta kepada budaya sendiri sejak dini. Namun, pastikan orang tuanya sendiri mencintai kebudayaan sendiri, karena bagaimana mengenalkan anak tentang kebudayaan negara sendiri apabila orangtuanya sendiri kurang cinta terhadap kesenian tradisional.

2.      Sekolah
Sebagian besar anak menghabiskan waktunya di sekolah dimulai dari pagi hari dan terkadang hingga sore karena banyaknya kegiatan. Nah, sekolah harus menyediakan wadah bagi para siswa agar tertarik dengan budayanya sendiri. Para pengajar harus mengajarkan pentingnya kebudayaan daerah dengan melibatkan setiap siswa ketika mengadakan pertunjukan kesenian, mengikutkan siswanya untuk perlombaan tentang kesenian daerah, dan sebagainya. Pihak sekolah juga harus memperhatikan sarana untuk mendukung kegiatan-kegiatan tersebut, memperhatikan ekstrakurikuler kesenian daerah agar tidak dipandang sebelah mata, dan sebagainya.

3.      Televisi
Televisi banyak menyita perhatian orang-orang karena hampir setiap orang menyaksikan tv dari anak kecil sampai orang dewasa, dari kalangan menengah ke bawah sampai orang kaya. Hal ini membuat apabila televisi menayangkan program acara kesenian daerah yang menarik, bayangkan berapa banyak orang penonton yang akan menyaksikan dan menikmatinya sehingga membuat penontonnya lebih tertarik akan kebudayaan dari daerahnya sendiri. Untuk itu, stasiun televisi swasta harus menayangkan acara-acara kesenian dengan mengemasnya secara berbeda, tidak membosankan. Mungkin dengan membuat program acara kesenian dan dibawakan oleh artis yang sedang digemari sebagai presenternya atau para artis yang melakukan tarian daerah di salah satu acara musik yang diiringi alat musik daerah. Dengan banyaknya program acara yang berhubungan dengan kesenian tradisional dan dikemas dengan menarik akan membuat masyarakat menyukai kesenian dari negara sendiri.

4.      Pemerintah
Pemerintah sebagai pemilik kekuasaan yang mengatur pemerintahan bisa membuat kesenian daerah lebih diminati oleh masyarakat Indonesia. Untuk itu, pemerintah harus memperhatikan para seniman Indonesia sehingga seniman terus melestarikan kesenian kebudayaan daerah dan bisa mewariskan kepada penerus bangsa sehingga kebudayaan Indonesia tetap bertahan dan semakin berkembang.
Para anak muda pun melihat seniman bisa menjadi pilihan hidup untuk mereka. Buatlah banyak kompetisi atau beasiswa tentang kebudayaan. Selain itu, rawat gedung-gedung dan museum kesenian daerah dan dibuat senyaman mungkin sehingga masyarakat banyak yang ingin berkunjung. Dengan mencintai kebudayaan sendiri, mengenalnya, melestarikannya maka akan tumbuh rasa cinta terhadap kebudayaan tradisional dan tidak mudah terpengaruh oleh budaya dari negara lain sehingga akan selalu cinta Indonesia dan lebih bangga terhadap budaya yang ada. Kesenian daerah akan tetap selalu ada apabila ada campur tangan dari semua pihak karena apabila bukan kita siapa lagi yang akan melestarikannya.

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Enterprise Project Management